Senin, 17 Desember 2012

Nyoman Yang Tersenyum Diatas Tangisan


Sore itu bekas-bekas aroma hujan masih terasa, langit yang kembali biru dan mentari yang masih ragu untuk kembali menampakkan wajahnya. Aku lihat seorang wanita yang berusia 15 tahun yang sedang kelihatan bingung menatap langit. Wanita itu bernama Nyoman karweni, dia hanya seorang tamatan Sekolah Dasar, bukan karena biaya yang membuatnya putus sekolah alasan orang tuanya hanya karena Nyoman sakit-sakitan. Orang tuanya takut dia di sekolah akan merasa kelelahan banyak tugas-tugas sekolah yang membuat penyakitnya kambuh. Nyoman menerima alasan itu walaupun dari dua puluh orang  hanya dia yang tidak melanjutkan ke SMP. Tetapi apa yang bisa ia lakukan, kakak perempuannya juga merasakan hal yang sama ketika ingin melanjutkan ke SMA orang tuanya malah menikahkannya dengan alasan mumpung bisa nyentana.
Nyoman pun saat ini sudah berstatus istri dari wayan sumawan, Nyoman menikah empat bulan yang lalu. Memang dia menikah dengan lelaki pujaannya, tetapi saat pernikahan ayahnya yang paling dia cintai pergi meninggalkannya. Ibu dan ayahnya berencana untuk bercerai, dia tau keluarganya sedang dirundung masalah, tapi apa yang Nyoman bisa lakukan, selain menuruti keinginan ibunya untuk menikah. Belum sampai disana Nyoman dosarankan oleh dokter untuk menunda kehamilannya sampai dia berumur 20 tahun karena penyakit yang dia derita, selain itu karena umurnya yang masih belia. Nyoman tau inilah hidupnya, sedikit pun dia tidak menyesal menuruti keinginan orang tuanya, menikah di usia muda, dan belum bisa menimang seorang anak. Dia hanya mengatakan bahwa ini adalah jalan yang dipilihkan Tuhan untuknya, dan dia sedang melalui jalan itu. Dia yakin Tuhan selalu bersamanya dan mendengar semua doa-doanya. Nyoman hanya mampu tersenyum diatas tangisan.

1 komentar:

  1. Haiii kawanku yg cantik..
    Tulisan mu bagus...
    Tapi aku merasa ada informasi yang harus diperjelas seperti apa penyakit yang diderita nyoman, alasan mengapa orangtuanya tidak mengobatkannya?
    Ini bisa dikatakan pelanggaran loh,,menikahkan anak dibawah umur..
    Jangan lupa kunjungi firlisa.blogspot.com
    Trims............

    BalasHapus